Rayakan 100 Tahun Perjalanan, Danone Gelar Open Doors

Kamis, 31 Oktober 2019 - 00:40 WIB
Rayakan 100 Tahun Perjalanan, Danone Gelar Open Doors
Rayakan 100 Tahun Perjalanan, Danone Gelar Open Doors
A A A
JAKARTA - Merayakan 100 tahun perjalanannya, Danone secara global menyelenggarakan inisiatif Danone Open Doors di 120 negara. Di Indonesia, kegiatan ini digelar dengan mengajak para pemangku kepentingan untuk mengenal lebih dekat tentang proses produksi Danone serta inovasi lingkungan dan sosial perusahaan dengan mengunjungi 9 pabrik Danone, termasuk pabrik Sarihusada di Desa Kemudo, Klaten, Jawa Tengah.

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menyebutkan, Danone memiliki visi One Planet One Health yang meyakini bahwa kesehatan manusia dan kesehatan bumi saling terkait. "Setiap kali kita makan dan minum, kita ikut menentukan dunia yang ingin kita tinggali," kata Vera dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (30/10).

"Inisiatif tersebut adalah cara Danone untuk secara terbuka mengajak masyarakat melihat lebih dekat cara kami beroperasi secara bertanggung jawab, di mana kami menerapkan prinsip jaminan kualitas produk serta aspek kesehatan dan lingkungan yang berkelanjutan," terangnya.

Lewat Open Doors, para stakeholders bisa menyaksikan dedikasi orang-orang di balik layar yang memastikan produk-produk Danone memiliki standar tinggi dalam hal kualitas dan keamanan pangan. "Setiap hari kami terus berinovasi agar dapat berkontribusi positif secara nyata dalam menciptakan kesehatan dan lingkungan yang lebih baik," ujar Vera.

Sarihusada merupakan salah satu perusahaan bagian dari divisi bisnis Specialized Nutrition (SN) milik Danone di Indonesia yang portofolio bisnisnya terdiri dari nutrisi awal kehidupan (early life nutrition) dan nutrisi medis khusus (medical nutrition). Selain menjadi salah satu fasilitas produksi Danone SN terbesar di dunia, pabrik Sarihusada juga merupakan pabrik percontohan yang menerapkan berbagai insiatif sosial dan lingkungan yang berkelanjutan.

Menurut Manufacturing Director Danone Specialized Nutrition Indonesia, Delta Deritawan, di pabriknya terdapat misi 1.000 Dreams. "Itu menunjukkan komitmen kami sebagai satu tim yang solid dan terpercaya dalam mengembangkan produk dengan kualitas tinggi serta menerapkan prinsip zero accident, zero defect dan zero waste," ujar Delta.

Pabrik Sarihusada juga telah mendapatkan berbagai sertifikasi di bidang quality & food safety termasuk sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia, ISO 9001 dan ISO 17025 dari International Organization for Standardization serta FFSC 22000 dari the Foundation Food Safety System Certification.

Selain itu, pabrik Sarihusada juga memberikan perhatian yang besar terhadap aspek lingkungan. Di atas lahan hijau dengan area seluas 150.000 m2 ini berbagai inisiatif dilakukan, salah satunya pengelolaan limbah melalui metode reuse effluent, yang hasilnya digunakan untuk menyirami area taman hijau pabrik. Inisiatif ini dilakukan sejak 2009 dan sudah melalui kajian lingkungan. Ditambah lagi inisiatif penggunaan Compressed Natural Gas sebagai bahan bakar boiler yang telah berhasil mereduksi CO2 sebesar 10,12 ton/tahun.

Atas bebagai upaya tersebut, pabrik Sarihusada Klaten mendapatkan penghargaan PROPER dengan kategori Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Keanekaragaman Hayati. Sementara guna menunjang kenyamanan dan kesehatan karyawan semasa bekerja, Danone juga menyediakan klinik kesehatan, ruang menyusui, fasilitas olahraga dan program edukasi gizi kepada karyawan dan keluarga.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, karyawan juga aktif dalam berbagai kegiatan sukarela yang rutin dilakukan untuk masyarakat melalui program Danone Volunteering Month. "Kami berharap keterbukaan melalui kegiatan Open Doors ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan pemangku kepentingan kepada kami sebagai perusahaan yang turut memberikan kontribusi positif baik di bidang kesehatan maupun lingkungan," pungkas Vera.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1017 seconds (0.1#10.140)